Bisnis Retail Buah Durian, Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan

Adv. Bandung, Telegram – Di pusat kota Bandung, sayup terdengar suara adzan maghrib bersahutan. Jama’ah berjalan menuju sebuah masjid yakni Masjid Al Kautsar. Setelah beribadah para Jama’ah ada yang menunggu Shalat Isya dan ada yang beranjak balik, karena urusan masing-masing.

Di seberang masjid, di samping toko Noah Store, terdapat sebuah outlet buah durian yang ramai dikunjungi banyak pewisata kuliner tepatnya di Jalan Sumbawa, Kel. Sumurbandung, Kota Bandung Jawa Barat.

Warung Duren Jawara menjadi pusat buah durian terlengkap di Kota Bandung. Foto: Koleksi WDJ
Warung Duren Jawara menjadi pusat buah durian terlengkap di Kota Bandung. Foto: Koleksi WDJ

Siapa tak kenal buah durian. Ya, buah yang terkenal dengan sebutan The King of Fruit ini adalah salah satu buah kebanggan orang Indonesia. Selain sebagai menu favorit, durian adalah buah yang diincar banyak wisatawan manca negara bila bepergian ke Asia Tenggara, terutama ke Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Vietnam.

Outlet itu bernama Warung Duren Jawara. Di tempat ini para pengunjung dapat memilih sendiri buah durian sesuai dengan selera masing-masing. Para pelayan akan senantiasa melayani dengan ramah dan santun, khas budaya “urang sunda” yang jenaka.

Buah-buah durian yang ada di Warung Duren Jawara ini adalah buah kelas “Jawara Nasional” yang bukan hanya enak, namun juga sudah cukup terkenal karena sering diikutsertakan dalam berbagaimacam festival nasional dan internasional.

Sebut saja buah durian Mustika yang dilelang di outlet ini mulai dari Rp. 200.000,- / buah. Ada juga duren Ambarawa yang terkenal dari Jawa Tengah, Duren Petruk yang terkenal. Tidak kalah pula dari durian di tanah Jawa, duren dari Sumatera hadir di outlet ini. Ada Durian Medan, Durian Monthong dan Durian Palembang serta Musang King. Kesemuanya bisa anda peroleh dengan mengunjungi Warung Duren Jawara di Kota Bandung ini.

Bobby Rozano: "bisnis duren sangat menjanjikan" Foto: Dokumen Pribadi Bobby Rozano
Bobby Rozano: “bisnis duren sangat menjanjikan” Foto: Dokumen Pribadi Bobby Rozano

Bisnis Duren Memang Menjanjikan

Adalah Bobby Rozano, seorang pengusaha berdarah minang dari Jakarta yang memulai bisnisnya dari usaha mandiri dan usaha kecil menengah, yang dengan jeli melihat peluang bisnis durian tersebut.

Menurut Bobby, karakteristik orang Indonesia yang suka jajan dan umumnya menyukai durian, adalah bekal utama memulai peluang usaha dibidang retail penjualan durian ini.

“Orang kita (Indonesia) suka jajan, suka duren, dan itu adalah market potensial dari Warung Duren Jawara” katanya kepada Telegram, Senin (15/8/2016).

Buah durian didapatkan Bobby dari kebun yang juga dikelola Bobby sendiri dan dikelola bersama masyarakat di sentra-sentra perkebunan durian melalui berbagai macam program kemitraan. Tentunya hal tersbut sangat menunjang bagi ekonomi kerakyatan yang pro masyarakat dan pengusaha kecil menengah.

Rata-rata harga jual buah durian di UKM (Usaha Kecil Menengah) Warung Duren Jawara ini adalah Rp. 65-300 ribuan tergantung jenis dan berat atau bahkan ada harga khusus untuk durian-durian kelas festival.

Buah durian yang ada di outlet ini sedianya bergantung pada musim panen/petik dari jenis-jenis durian yang ada. Bila musim panen durian Ambarawa tiba, maka duren tersebut akan didapat di outlet ini. Demikian dengan Durian Medan, Durian Palembang dan Durian Musang King. Artinya, dalam melakukan pemasaran buah durian maka dihitunglah musim panen dan jenis apa saja yang sudah bisa dipetik. Selain itu quality control buah durian tersebut juga diserahkan kepada pemilik kebun, semakin bagus buah durian, semakin banyak peminatan dan semakin baik bagi hasil yang diperoleh.

“Bisnis itu dimulai dari komitmen, komitmen menimbulkan kepercayaan, para pelestari buah durian sudah komitmen untuk menghasilkan panen yang terbaik, dan saya menjualnya dengan komitmen kepada pelanggan bahwa buah duren kami enak dan worth-ed.” demikian Bobby menambahkan.

“Kalo gak enak boleh tuker sampai puas, tapi belum pernah ada yang menukar buahnya ketika dicicip pertama kali hingga sekarang ini.” lanjutnya.

Para pengunjung sedang memilih buah durian. Foto: Istimewa
Para pengunjung sedang memilih buah durian. Foto: Istimewa

Menurut Bobby, bisnis yang dia jalankan sejak awal Apri 2016 ini, dapat meraup omzet yang sangat signifikan, yaitu berkisar antara 5 sampai 7 juta per harinya.

“Kurang lebih 5-7 Juta perharinya, kalau peak season bisa lebih, kita optimis bisnis UKM Warung Duren Jawara ini dapat turut menumbuhkan ekonomi masyarakat Indonesia umumnya dan juga membuka lapangan kerja” kata Bobby.

Bobby sendiri ketika ditanya apakah akan membuka frainchaise atau membuka cabang di daerah masih menjawab dengan optimis bahwa akan dipikirkan kedepannya.

“Kita memang berencana untuk buka cabang, atau membuka peluang kerjasama, namun saat ini kita fokus dulu ke outlet yang sudah ada, dan aktif memasarkan duren ini agar bisa dikenal sampai mancanegara. Kita mau jadikan ‘Bandung Lautan Duren’ , insya Allah.” pungkasnya.

Selain menu utama buah durian, terdapat pula menu-menu lain seperti, Klapertaart Duren yaitu Klappertaart isi daging buah durian yang lembut. Ada juga menu Pancake Duren, Brownies Duren dan aneka macam Es Duren.

Brownies Duren, Klappertaart Duren, Buah Duren, Pancake Duren, dan Aneka Minuman Hangat pengantar makan duren. Foto: Koleksi WDJ
Brownies Duren, Klappertaart Duren, Buah Duren, Pancake Duren, dan Aneka Minuman Hangat pengantar makan duren. Foto: Koleksi WDJ

Ternyata menu yang banyak disukai pengunjung selain buah durian segar yang legit, lembut dan lezat, adalah Es Duren Original.

Dengan merogoh kocek sekitar 15 ribuan rupiah, Es Duren Original sudah dapat dinikmati.

Frozen Durian dari Warung Duren Jawara. Image: www.durenjawara.com
Frozen Durian dari Warung Duren Jawara. Image: www.durenjawara.com

Selain itu Duren Jawara juga menerima pesan antar untuk daerah Bandung dan Jakarta. Duren yang dapat depesan adalah Frozen Durian, yaitu duren beku yang rasanya manis, legit dan lembut, terjaga kualitasnya karena disimpan dalam tempat suhu tertentu.

Jadi, tunggu apa lagi. Siapkan tiket dan waktu anda untuk mengunjungi Warung Duren Jawara yang beroperasi mulai dari jam 10 pagi hingga jam 11 malam untuk Weekday dan hingga jam 12 malam untuk Weekendnya.

Anda dapat berselancar di internet dengan membuka situs Warung Duren Jawara di: www.durenjawara.com atau kunjungi outlenya langsung di Jalan Sumbawa No. 60, Merdeka, Sumurbandung, Kota Bandung Jawa Barat, Indonesia. Untuk telefon bisa menghubungi 0817 919 676

Penulis: Shanty
Editor : Hamdani

 

Sumber : https://www.telegram.co.id/

Leave a Reply